ANTI LARANGAN MENJEMUR

jemuran

Dilarang Menjemur Kain di Taman dan Pagar. Itu seruan “larangan” pada plang yang bisa kita baca di Rumah Sakit Umum M Djamil, Padang. Namun, keluarga pasien, mungkin malas baca itu pesan atau memang pura-pura tidak tahu. Pikir mereka, mungkin, kalau tidak di pagar, dimana dong? Di rumput pekarangan? Nggak boleh juga, kan? Jadi bagaimana Hohoho….. Mohon diharap maklumkan, ya? (Syamsu Ridwan)

IBU BIKIN AKU SERBA SALAH

opi

Serba salah ini menggiring saya kembali pada masa SMA, beberapa tahun lalu. Semasa ujian akhir semakin dekat dan terasa begitu mengerikan. Hingga saya mendadak rajin dan termotivasi untuk belajar. Tsayat tidak lulus, tsayat nilai saya tak mencukupi, tsayat orangtua saya kecewa.

Baca lebih lanjut

ANGKOT SALAH WARNA

Di Jalan M Yamin Padang, tepatnya di depan Sentral Pasar Raya Padang (SPR), ada jalan dua jalur yang dibuat dengan panah penunjuk, yang tujuannya tentu agar tertib. Yang satu panah rambu-rambu penunjuk ANGKOT PUTIH (Artinya angkot putih mesti lewat di situ), satunya lagi ANGKOT ORANGE. Tentu, yang di jalur ditunjukkan tersebut, jelas dan pasti harusnya angkot warna orange. Yang terjadi (lihat gambar), kok warna angkotnya yang lewat di situ gak orange ya? Lupa warna kali ya! (Kiriman Andika Destika Khagen, UNP Padang)

LOMBA MEWARNAI (IBU) ANAK-ANAK

oke mewarnai

Ketika menyaksikan lomba mewarnai antaranak-anak, biasanya yang paling repot dan capek adalah panitia. Bukan mengatur dimana tempat dan gambar apa yang harus dibuat para anak peserta lomba. Tetapi, mengatur dan minta pengertian orangtuanya, agar membiarkan anak-anaknya berkreasi atau menyelesaikan “tugas lombanya” sendirian.

Namun, orangtua banyak orangtua ingin anak-anaknya menang, dengan cara apa pun. Maka, tak jarang, kalau peserta lombanya ratusan, panitia kewalahan mengawasi bagaimana supaya ibu anak-anak tidak ikut mewarnai.

Nah, parahnya, banyak ibu-ibu ingin anaknya menang, walau dengan cara curang. Mereka ikutan mewarnai gambar anaknya. Padahal, tindakan itu salah, tidak mendidik anak. Mereka tahu. Bahkan kalau ditanya, ajarilah anakmu dengan perilaku jujur dan baik. Nah, kalau ibu-ibu seperti foto kita ini ikutan mewarnai gambar anaknya, yakin gak yah, kita akan menghasilkan generasi masa depan yang cerdas, jujur dan bangga pada karya sendiri.

BUAH INTERLOKAL

buah interlokal oke

SPANDUK atau merek penjual buah ini saya foto di Jl Dr Sutomo Marapalam, Padang. Maksudnya, mungkin buah lokal dan internasional atau impor. Dalam pikirannya waktu mengorder desain dan cetak spanduk, kalau ada lokal pasti lawannya interlokal. Sebab, ada nasional ada pula internasional. Nah lho? Salah nggak ya? (Kiriman Indra Sakti Nauli, Padang)

MEROKOK DAPAT

merokok_dapatDi bungkus atau kotak rokok terdapat tulisan: MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Itu artinya, kalau pesan tersebut ditulis sungguh-sungguh memikirkan kemaslahatan, peringatan tersebut tentu termasuk untuk produsen atau pengusaha pabrik rokok. Kalau memang menyebabkan banyak penyakit, kenapa, kenapa kok rokok masih diproduksi juga. Kok pemerintah biarin? Kok perokok makin hari makin banyak, bahkan sampai ke anak-anak? Kok pedagang rokok dimana-mana makin ramai?

Baca lebih lanjut

MEROKOK DI TEMPAT DILARANG

merokokDi ruang atau gedung tertentu, sering kita jumpai tulisan: DILARANG MEROKOK. Namun, di tempat tersebut pulalah, kita sering melihat orang merokok dengan cueknya.
Jika larangan itu di ruang kantor kita, yang merokok adalah teman atau atasan kita, biasanya kita merasa salah tingkah, serba salah, dan mendiamkan saja. Parahnya, jika kita seorang perokok pula, diam-diam kita ikut merokok pula. Sehingga tulisan “DILARANG MEROKOK” di ruangan tersebut, kehilangan arti atau makna.

Baca lebih lanjut